9 bola naga shalat Tarawih

Tulisan ini tidak bercerita tentang kisah Dragon Ball Z, meski alurnya terinspirasi olehnya. Saat ini tulisan ini sedang dibuat, bulan Ramadhan sudah jatuh pada hari yang ke 11. Sudah sepertiga dari bulan Ramadhan yang terlewati, mestinya sudah lumayan banyak lompatan-lompatan amalan yang dilalui, salah satunya dalam hal shalat Tarawih. Saya menduga beberapa dari kita belum bisa merasakan khusyuknya shalat Tarawih karena permasalahan yang klasik. Tulisan ini tidak akan menjabarkan permasalahan-permasalahan yang sering muncul dalam shalat Tarawih dan tidak juga membantu kekhusyukan shalat Tarawih dari aspek Individunya, melainkan tulisan ini mengajak para pembaca untuk mengumpulkan 9 bola naga shalat Tarawih.

Dalam film Dragon Ball Z, ketika 9 bola naga telah terkumpul maka akan muncul kekuatan yang dahsyat. Sedangkan ketika ke 9 bola tersebut berada sendiri-sendiri maka tidak akan muncul suatu apapun. Hal yang sama berlaku juga dalam shalat Tarawih. Tugas kita adalah mencari masjid yang telah berhasil menemukan 9 bola naga shalat Tarawih sehingga seburuk apapun kondisi keimanan kita, shalat Tarawih tetap dapat dilakukan dengan khusyuk. Hal ini bukan merupakan sesuatu yang mustahil karena sudah banyak masjid-masjid yang berhasil menemukannya. Lalu apa saja bola naga shalat tarawih yang harus dikumpulkan? Berikut ini daftar 9 bola naga tarawih yang terpilih untuk dikumpulkan :

Bola naga 1 : Bebas dari teriak-teriak

Jika kita pernah mendengar diantara perpindahan rakaat shalat tarawih ada bacaan yang dibaca teriak-teriak, maka itu yang harus dihindari. Karena dari segi hadist, tidak ada dalil yang shahih dan dari segi urutan berpikir juga sulit diterima karena isinya puji-pujian kepada para khulafaurasyidin yang jelas-jelas tidak ada hubungannya dengan shalat tarawih. Sudah banyak masjid yang berhasil menemukan bola naga yang satu ini sehingga masjidnya bebas dari teriak-teriak.

Bola naga 2 : Rakaat tak masalah

Bola naga yang kedua ini fokus kepada rakaat shalat tarawih (yang sudah turun temurun dipermasalahkan di Indonesia). Masjid yang berhasil menemukan bola naga ini berarti masjid yang tidak mempermasalahkan rakaat, tetapi justru mempermasalahkan kualitas bacaan di setiap rakaat. Dalam setiap pemilihan rakaat ada konsekuensinya, khususnya untuk yang memilih rakaat 23 rakaat. Biasanya masjid yang menerapkan 23 rakaat bacaanya ngawur. Surat alfatihah dibaca dalam satu tarikan nafas dan gerakan-gerakannya tidak tuma’ninah. Hal-hal seperti ini yang menghilangkan kekuatan bola naga 2.

Bola naga 3 : Adanya Imam Rawatib

Imam rawatib adalah seseorang yang ditunjuk oleh pengurus masjid sebagai imam tetap masjid yang telah melalui proses seleksi yang sesuai dengan tuntunan Rasul. Salah satu karakter imam rawatib adalah bacaannya masuk semua ke hukum tajwid, sehingga bacaan alquran lebih pas didengarnya dan merasuk ke dalam hati. Tidak adanya imam rawatib bisa menghilangkan kekuatan bola naga 3 yang ditandai dengan sindrom ‘kadang-kadang’; kadang-kadang imamnya bagus, kadang-kadang imamnya jelek.

Bola naga 4 : anak kecil terjaga

“Sudah daripada kamu buat ribut di rumah, pergi sholat tarawih aja gih!”, begitu ujar seorang ibu kepada anak-anaknya yang liar, sehingga yang terjadi adalah keonaran saat shalat tarawih. Ada anak yang main petak umpet, petasan, gobak sodor, dan permainan atraktif lainnya. Masjid yang berhasil menemukan bola naga 4 akan mendapatkan kekuatan untuk melakukan pengendalian kepada anak-anak yang liar tadi, misalnya dengan mengintervensi orang tua yang membawa anaknya untuk dipastikan selalu berada di sisi orang tuanya.

Bola naga 5 : parkiran yang luas dan aman

Bola naga 5 cukup sulit ditemukan karena ia perpaduan antara ‘luas’ dan ‘aman’. Kegagalan masjid menemukan bola naga 5 menyebabkan pecahnya konsentrasi jamaah, imam, khatib dan para ibu-ibu yang membawa kendaraan. Dampaknya adalah semua serba terburu-buru, terutama ketika akan keluar dari masjid karena semua orang penasaran dengan kondisi kendaraannya.


Bola naga 6 : perempuan berhijab

Berseliwerannya perempuan tanpa hijab (jilbab/mukena) ditambah mereka yang bercengkrama dengan para pemuda warga sekitar sambil ketawa cekikian, sudah dapat dipastikan menghilangkan kekuatan dari bola naga 6. Bola naga 6 ini bisa diraih dengan ketegasan pengurus masjid melalui berbagai himbauan.

Bola naga 7 : bebas niat berjamaah

Dari Ibnu Umar dari Hafshoh bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya: “Barangsiapa siapa yang tidak berniat berpuasa sebelum fajar, maka puasanya tidak sah.”

(HR. Abu Daud, Tirmidzi, dan Nasa’i. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’).

Hadist diatas shahih, tetapi bukan berarti dibaca beramai-ramai dengan menggunakan mic setelah shalat tarawih, “Nawaitu shaumaghodin..bla…bla….”, karena hal itu akan menghilangkan kekuatan dari bola naga 7.

Bola naga 8 : rapatnya shaf

Bola naga 8 bukan hanya template himbauan imam yang mengingatkan jamaah untuk merapatkan barisan shalat, melaikan harus rapat dengan kriteria yaitu : antara kaki saling menempel dan antara bahu juga saling menempel. Ketika hal itu berhasil dilakukan maka kekuatan bola naga 8 akan muncul.

Bola naga 9 : bersih

Meskipun tidak ada hadist shahih yang menyatakan kebersihan sebagian daripada iman, namun untuk mendapatkan bola naga 9 diharuskan bagi masjid untuk membersihkan seluruh lini masjid dan mengindahkannya.

“Sesungguhnya Allah itu indah, dan mencintai keindahan.”

(HR. Muslim, Bab Tahrim Al Kibr wa Bayanihi, No. 91. At Tirmdzi, Bab Maa Ja’a fi Al Kibr, No. 2067. Katanya: hasan shahih gharib. Ahmad No. 3600. Ibnu Hibban, Bab  No. 5466)

Jangan bangga dengan jidat yang berwarna hitam, karena boleh jadi hitamnya jidat bukan karena rajin shalat tetapi karena karpet masjid yang kotor dan sudah keras. Karpet masjid yang kotor, tempat wudhu yang bau dan kumuh, lantai yang lengket dan udara yang pengap, sudah pasti akan menghilangkan kekuatan dari bola naga 9.

Demikian 9 bola naga shalat tarawih yang harus dikumpulkan oleh Masjid. Tugas kita adalah menemukan masjid yang telah berhasil mengumpulkan ke 9 bola naga tersebut. Saat ini sudah banyak masjid-masjid yang berhasil menemukan bola naga tersebut. Janganlah ragu untuk berkeliling dan bereksperimen dengan shalat tarawih di berbagai masjid. Jika sudah menemukan masjid yang sesuai, rasakan kedahsyatan 9 bola naga tarawih! Selamat mencari.

Leave a comment